Kamis, 22 Mei 2008

MOT (Catatan dari Dosen)

March 5th 2008

Catatan MoT

* Methods of TEFL (aneka metode dalam pengajaran bahasa asing)

* Syarat tes yang bagus

Ø Valid (adanya kesesuaian antara isi tes dengan materi yang diberikan)

Ø Reliable

Ø Practical

· Mudah pelaksaannya

· Murah biayanya

* Buku-buku pegngan pokok:

Ø Approaches and Methods in Language Teaching (Jack C. Richards and Theodore S. Rodger)

Ø Techinuques and Principles in Language Teaching ( Dianne Larsen-Freeman)

March 12, 2008

* Alasan mempelajari sejarah pengajaran bahasa

® Supaya memiliki latar belakang pengetahuan untuk mendiskusikan metode-metode yang digunakan sekarang.

® Mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah metode

® Menemukan innovation (gagasan-gagasan baru)

® Menunjukkan kemana kita harus merujuk kalau kita mau membicarakan metode-metode sekitar itu.

* Perubahan dalam metode pengajaran bahasa sepanjang sejarah merupakan pencerminan dari:

® Berubahnya kemahiran bahasa yang dibutuhkan oleh pelajar (language learners)

® Berubahnya teori-teori tentang hakikat bahasa dan hakikat pembelajaran bahasa.

* Sebelum abad ke-16 (abad ke-15 kebelakang) bahasa Latin menempati posisi seperti posisi yang ditempati oleh bahasa Inggris saat ini, yakni sebagai bahasa yang paling banyak dipelajari di seluruh belahan dunia. Baik itu sebagai bahasa pendidikan, bahasa politik, dll.

* Pada abad ke-16, bahasa Perancis, Italia, dan Inggeris menjadi bahasa dominan, dan menggantikan peran yang dulunya dipegang oleh bahasa Latin. Hal ini merupakan imbas dari perubahan politik yang terjadi di Eropa pada masa itu.

* Pada abad ke-17 sampai dengan abad ke-19, bahasa Latin diajarkan dengan cara sebagai berikut:

a. Through rote learning of grammar rules (melalui belajar mengulang-ulang aturan-aturan gramatika).

b. Study of declension and conjugations (pendalaman kajian tafsir dan pentafsiran)

c. Translation

d. Practice in writing sample sentences

Tidak ada komentar: